The Performance of Bhabinkamtibmas in Preventing the Crime of Motorized Vehicle Theft in the Legal Area of the Ciamis Police

  • Muhammad Farhan Arrafi Akademi Kepolisian Republik Indonesia
Keywords: kinerja, Bhabinkamtibmas, Curanmor

Abstract

Tingginya tindak pidana curanmor yang terjadi di wilayah Polsek Ciamis merupakan latar belakang saya dalam melaksanakan penelitian ini. Sehubungan dengan itu masyarakat harusnya mendapatkan edukasi berupa daya cegah dan daya tangkal agar tidak terjadinya tindak pidana tersebut. Sehingga ini berkaitan dengan kurang atau belum terlaksananya kinerja dari Bhabinkamtibmas. Ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa kinerja, faktor-faktor yang mempengaruhi, serta cara meningkatkan kemampuan Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polsek Ciamis.

Teori dan konsep yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini teori peran (Role Theory), teori motivasi, teori kompetensi, konsep pemolisian masyarakat (Community Policing), konsep Bhabinkamtibmas,  konsep Keterampilan Bhabinkamtibmas, dan konsep promoter.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research. Penelitian ini berlokasi di wilayah hukum Polsek Ciamis dengan fokus penelitian pada anggota Bhabinkamtibmas Polsek Ciamis. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan telaah dokumen.

Temuan yang didapat adalah (1) Kinerja Bhabinkamtibmas dikarenakan faktor motivasi seperti tunjangan kinerja, Bhabinkamtibmas tidak dapat berkarir lebih maju, dan tingkat keamanan Bhabinkamtibmas dalam menyentuh kelompok masyarakat. (2) Yang mempengaruhi tugas Bhabinkamtibmas yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Selain itu dari aspek ketrampilan Bhabinkamtibmas tentang komunikasi sosial, pemecahan masalah, kepemimpinan, negosiasi dan mediasi, dan deteksi dini. (3) Kemampuan Bhabinkamtibmas  dibidang pengetahuan, ketrampilan, konsep diri, ciri diri, dan motif memerlukan peningkatan dengan melibatkan Polres Ciamis, Polda Jabar dan Perguruan tinggi di Ciamis.

Kinerja  Bhabinkamtibmas kurang maksimal karena kurangnya motivasi dan dalam pelaksanaannya terkesan menggugurkan tugas, serta faktor yang mempengaruhi terdapat dari internal dan eksternal Bhabinkamtibmas,. Perlu adanya pengendalian dan pengawasan yang lebih rinci agar pelaksanaan sesuai aturan dan dapat tercapainya kamtibmas.

Kata Kunci : Kinerja, Bhabikamtibmas, Curanmor

References

Akademi Kepolisian. 2019. Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pembimbingan Skripsi Program Diploma Empat Terapan Kepolisian Taruna Akademi Kepolisian. Semarang: Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.
Buku pedoman pelatihan Polmas. 2006. Jakarta:Polri

Departemen Pendidikan Nasional 2008. KBBI IV. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Tama.

Gomes, Faustino Cardoso.2003.Manajemen SDM. Yogyakarta:Andi

Hasibuan, Malayu S.P.2014.Manajemen. Jakarta:Bumi aksara.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:CV.Alfabeta

Sulistyanto, Arief. 2018. Pemimpin Dan Perubahan The Guardian Of Justice. Jakarta: Biro Binkar SSDM Polri.

Suwardji, dkk.2003. Kamus Istilah Intelijen. Jakarta:Panca darma sejati
Published
2023-03-07
How to Cite
Arrafi, M. F. (2023). The Performance of Bhabinkamtibmas in Preventing the Crime of Motorized Vehicle Theft in the Legal Area of the Ciamis Police. Police Studies Review, 7(3). Retrieved from http://journal.akpol.ac.id/index.php/psr/article/view/469