Optimalisasi Unit Laka Lantas dalam Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polres Kudus

Optimization of Laka Lantas Unit in Handling Traffic Accidents in the Jurisdiction of Kudus Regional Police

  • Imam Dipsa Maulana Indonesian National Police Academy
Keywords: Optimalisasi, Penanganan, Unit Laka, Kecelakaan Lalu Lintas, Polres Kudus

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh angka kecelakaan lalu lintas yang terus naik dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir. Oleh karena itu dalam menghadapi angka kenaikan kecelakaan lalu lintas tersebut Unit Laka Lantas Polres Kudus berupaya untuk mengoptimalkan penangan kecelakaan lalu lintas agar setiap kecelakaan lalu lintas yang terjadi dapat diatasi dengan baik. Penelitan dalam skripsi bertujuan untuk : (1) medeskripsikan penanganan kecelakaan lalu lintas wilayah hukum Polres Kudus, (2) menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi penanganan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Kudus dan (3) mendeskripsikan upaya untuk optimalisasi penanganan kecelakaan lalu lintas oleh Unit Laka Lantas Polres Kudus.              Pada kepustakaan konseptual penulis menggunakan teori dan konsep guna menganalisis permasalahan di atas. Konsep dan teori tersebut adalah : Teori Manajemen, Teori Peran,  Konsep Optimalisasi, Konsep Koordinasi, Pengertian Lalu Lintas dan Penanganan Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas,  Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan Metode Penelitian Lapangan (Field Research) dan menggunakan triangulasi data, sumber, dan teoritis untuk memperoleh validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanganan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Kudus belum maksimal karena peningkatan angka kejadian kecelakaan tersebut tidak diimbangi dengan perkembangan baik kemampuan maupun sarana prasarana yang dimiliki. Simpulan dalam penelitian ini menegaskan bahwa: (1) angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Kudus mengalami kenaikan sehingga beban kerja dari Unit Laka bertambah, (2) faktor yang mempengaruhi selain dari faktor internal juga faktor eksternal berupa saksi karena saksi berperan penting dalam penyelesaian suatu perkara dengan memberikan keterangan dan (3) Peran dari Kanit Laka maupun anggota Unit Laka dalam memaksimalkan sumber daya yang ada dengan manajemen yang baik sangatlah diperlukan. Saran dalam skripsi ini, Satuan Lalu Lintas memaksimalkan koordinasi dengan instansi terkait guna kerjasama dalam kamseltibcar lantas, selain penambahan personil dan perbaikan sarana prasarana anggota unit laka dapat mengajarkan kemampuan dari satu anggota ke anggota lain dan mengadaptasi program Panic Button sebagai Quick Response dalam mengatasi kecelakaan lalu lintas.

 

This research is motivated by the number of traffic accidents that continues to rise in the last 3 (three) years. Therefore, in facing the increase in traffic accidents, the Kudus Police Laka Lantas Unit seeks to optimize the handling of traffic accidents so that any traffic accidents that occur can be handled properly. The research in this thesis aims to: (1) describe the handling of traffic accidents in the Kudus Police jurisdiction, (2) find the factors that influence the handling of traffic accidents in the Kudus Police jurisdiction and (3) describe efforts to optimize the handling of traffic accidents by Kudus Police Laka Lantas Unit. In the conceptual literature the author uses theories and concepts to analyze the above problems. These concepts and theories are: Management Theory, Role Theory, Optimization Concepts, Coordination Concepts, Understanding Traffic and Handling of Traffic Accidents, In this study a qualitative approach is used with Field Research Methods and uses triangulation of data, sources, and theoretical way to obtain data validity. The results showed that the handling of traffic accidents in the Kudus police area was not optimal because the increase in the number of accidents was not balanced with the development of both the capabilities and infrastructure owned. The conclusions in this study confirm that: (1) the number of traffic accidents in the Kudus police area has increased so that the workload of the Laka Unit increases, (2) factors that influence other than internal factors as well as external factors such as witnesses because witnesses play an important role in the settlement a case by providing information and (3) The role of the Office of Laka and members of the Unit of Laka in maximizing available resources with good management is very necessary. Suggestions in this thesis, the Traffic Unit maximizes coordination with relevant agencies for cooperation in kamseltibcar then, in addition to adding personnel and improving the facilities of laka unit members, can teach the ability of one member to another and adapt the Panic Button program as Quick Response in dealing with past accidents cross.

 

References

Buku
Achmad, B. 2009. Koordinasi dan hubungan kerja: Diklat Provinsi DKI Jakarta. Handout pada DIKLATPIM IV RRI7 IPBI. Jaka rta : Widyaiswara Madya
Akpol. 2014. Diktat FT Lantas. Semarang:Akademi Kepolisian Republik Indonesia.
Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta
Handayaningrat. 2002. pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Jakarta: Gramedia.
Lembaga Pendidikan Polri Akademi Kepolisian. 2016. Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pembimbingan Skripsi Program Sarjana (S-1) Terapan Kepolisian Taruna Akademi Kepolisian. Semarang:Lembaga Pendidikan Polri Akademi Kepolisian.
Mabes Polri. 2005. Vademikum Polisi Lalu Lintas, Jakarta : Ditlantas Polri Republik Indonesia
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Raho. Bernard. 2007. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2005. Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta. Rajawali Pers.
Terry, George R. 2013. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Skripsi
Abdullah, Amru, 2013 Skripsi tentang Efektivitas Unit Laka Satuan Lantas Guna Menanggulangi Kecelakaan Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polres Semarang: Semarang: STIK-PTIK
Ayu, Cintya, 2010 Skripsi tentang Kinerja Kepolisian dalam Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas:Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Jurnal
Dharma, Aztria, Bambang Edison dan Rismalinda. (2016). “Identifikasi Kecelakaan Lalu Lintas (Study Kasus Jalan Dalu-Dalu sampai Pasir Pengairan)”. Diambil dari: http://e-journal.upp.ac.id/index.php/mhsteknik/article/view/187/193 (13 Januari 2017)
Firmansyah, M, Jamal Amin dan Bambang Irawan. (2014). ”Peran Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Dalam Mewujudkan Desa Mandiri (Studi Desa Bendang Raya Kecematan Tenggarong”. eJournalAdministrative Reform. 2(4): 2617-2682. Diambil dari: http://ar.mian.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/12/Jurnal%20Final%20PDF%20(12-03-14-07-08-16).pdf (4 April 2017)
Pratama, M. Andhika. (2014). “Peran Kepala Bappeda Dalam Mengkoordinasikan Pelaksanaan Pembangunan di Kota Balikpapan”. eJournal Ilmu Pemerintahan. 2(2): 2413-2426. Diambil dari: http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/05/Jurnal%20Dika%20IP%202014%20(05-26-1412-34-25).pdf (4 April 2017)
Saleh, Darwis. (2013). “Koordinasi Kepala Desa Dengan BPD (Badan Permusyarawatan Desa) Dalam Pembangunan Di Desa Bumi Rahayu Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan”. eJurnal Ilmu Pemerintahan. 1(4): 1348-1362. Diambil dari: http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/10/JURNAL%20(DARWIS%20SALEH-0902025052)%20(10-23-13-09-45-55).pdf (5 April 2017)

Peraturan Perundang-undangan
Pemerintah Republik Indonesia (1993), Peraturan Pemerintah No.43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalulintas Jalan.
Pemerintah Republik Indonesia (1993), Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 1993 Tentang Kendaraan dan Pengemudi.
Pemerintah Republik Indonesia (2009), Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Republik Indonesia. Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Cara Kerja pada Tingkat Kepolisian Resort dan Kepolisian Sektor.
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Internet
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/4/11/06/nem9nc-indonesia-urutan-pertama-peningkatan-kecelakaan-lalu-lintas
Published
2017-01-30
How to Cite
Maulana, I. D. (2017). Optimalisasi Unit Laka Lantas dalam Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polres Kudus: Optimization of Laka Lantas Unit in Handling Traffic Accidents in the Jurisdiction of Kudus Regional Police . Police Studies Review, 9(3), 329-380. Retrieved from http://journal.akpol.ac.id/index.php/psr/article/view/14