Implementasi Aplikasi Smile Police (Panic Button) dalam Quick Response Pelayanan Masyarakat di Wilayah Hukum Polres Salatiga

  • Habib Fuad Alhafsi Akademi Kepolisian Republik Indonesia
Keywords: Implementasi, Panic Button, Quick Response, Pelayanan Masyarakat, Polres Salatiga

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang mendukung sistem pelayanan publik, sejalan dengan program ke 2 (dua) promoter polri. Ditanggapi langsung dengan diluncurkannya aplikasi Smile Police yang di dalamnya terdapat aplikasi Panic Button, yang bertujuan membantu polri dalam pelayanan cepat terhadap laporan dari masyarakat (Quick Response). Akan tetapi masyarakat masih banyak masyarakat yang kurang memahami apa itu Panic Button serta bagaimana cara menggunakannya. Permasalahan tersebut dituangkan ke dalam rumusan masalah yang menjadi bahan kajian peneliti sehingga dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis kepada peneliti maupun pembaca. Tinjauan kepustakaan dalam penelitian ini terdiri dari kepustakaan penelitian yang diambil dari hasil penelitian terdahulu dan jurnal yang terkait dengan aplikasi Panic Button serta kepustakaan konseptual yang menyajikan konsep dan teori sebagai pisau analisis. Konsep yang digunakan yaitu konsep Panic Button, Implementasi, Quick Response dan konsep Pelayanan publik serta menggunakan teori Difusi inovasi dan Manajemen. Fokus penelitian ini adalah implementasi Aplikasi Panic Button dalam Quick Response pelayanan masyarakat di wilayah hukum Polres Salatiga. Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Selanjutnya untuk memperoleh data, peneliti menggunakan sumber data primer yang diperoleh dengan cara wawancara dan observasi serta sumber sekunder yang diperoleh melalui telaah dokumen. Untuk menentukan validitas data, digunakan teknik triangulasi yang selanjutnya dianilisis dengan 3 unsur utama yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian serta pembahasan yang diperoleh dalam penelitian ini, Layanan Aplikasi Panic Button bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan masyarakat dengan sistem Quick Response. Dari hasil penelitian penerapan Panic Button dalam Quick Response pelayanan kepada masyarakat salatiga belum berjalan dengan seharusnya, karena disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadi penghambat implementasi aplikasi Panic Button tersebut.

References

Referensi Buku:
Agung Kurniawan, 2005. Transformasi Pelayanan Publik, Yogyakarta: Pembaruan.
Akademi Kepolisian. 2016a. Manajemen Operasional Polri. Semarang:Akademi Kepolisian.
Lembaga Pendidikan Polri Akademi Kepolisian. 2018. Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pembimbingan Skripsi Program Sarjana Strata Satu (S-1) Terapan Kepolisian Taruna Akademi Kepolisian. Semarang:Lembaga Pendidikan Polri Akademi Kepolisian.
Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rogerrs, Everett. 2014. Diffusion of Innovations. New York: Free Press.
Sarosa, samiaji, S.E., M.Info.Sys., ph.d. 2017.Penelitian kualitatif. Jakarta.
Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Terry, George R. . 2016, Prinsip-Prinsip Manajemen, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Peraturan Perundang-undangan :
Peraturan Kapolri Nomor 23 tahun 2010 tetang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pada Tingkat Kepolisian Resor dan Kepolisian Sektor.
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Surat Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol SKEP/360/VI/2005 tanggal 10 juni 2005 tentang Grand Strategi Polri.
Surat Telegram Kapolda Jateng Nomor : ST / 149 / 1 / 2017 tanggal 17 Januari 2017 tentang Command Center Smile Police Polda Jateng.

Skripsi :
Farmadi, Nunung. 2018. “APLIKASI SMILE POLICE POLDA JATENG SEBAGAI AKTUALISASI PROGRAM KE II PROMOTER”, Skripsi, Jakarta: STIK-PTIK.
Satria, Rastra. 2018. “IMPLEMENTASI LAYANAN E – SKCK UNTUK MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA (EXCELLENT SERVICE) SATUAN INTELKAM POLRES BOGOR”. Skripsi. Akademi Kepolisian Semarang.

Jurnal :
Lantika, Dekadea. 2018. Inovasi Layanan Kepolisian (Studi Tentang Layanan Panic Button On Hand Untuk Masyarakat Dilihat Dari Perspektif Pelayanan Prima di Polres Malang Kota), Jurnal Teknologi Informasi.

Sumber Internet :
https://kbbi.web.id/globalisasi
https://ahmadzakypti.blogspot.com/2017/09/perkembangan-teknologi-informasi.html+
https://pakarkomunikasi.com/teori-komunikasi-massa
http://catatansibedu.blogspot.com/2012/10/semangat-quick-response-dan-penggunaan.html
http://jateng.tribunnews.com/2017/04/07/ini-dia-lima-manfaat-aplikasi-smile-police-bagi-masyarakat
https://www.academia.edu/11192647/makalahpengaruhinformasiterhadapmasyarakat
http://repository.usu.ac.id/bitstream /3/Chapter%20II.pdf
http://thesis.binus.ac.id/ doc/Bab2/2012-1-00531-MTIF%202.pdf
https://kbbi.web.id/globalisasi
https://kbbi.web.id/implementasi
https://wsmulyana.wordpress.com/tag/everett-m-rogers/
https://kbbi.web.id/implementasi
https://ditlantas.jateng.polri.go.id/11-program-prioritas-kapolri-menuju-polri-yang-profesional-modern-dan-terpercaya-promoter/
Published
2020-02-13
How to Cite
Alhafsi, H. F. (2020). Implementasi Aplikasi Smile Police (Panic Button) dalam Quick Response Pelayanan Masyarakat di Wilayah Hukum Polres Salatiga. Indonesian Journal of Police Studies, 4(1), 213-256. Retrieved from http://journal.akpol.ac.id/index.php/ijps/article/view/78