Upaya Satuan Lalu Lintas Menggunakan CCTV dalam Menekan Pelanggaran Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polres Salatiga

  • Febri Fatahillah Ramadhan Akademi Kepolisian Republik Indonesia
Keywords: Penggunaan, CCTV, Pelanggaran lalu lintas, Pencegahan kejahatan

Abstract

Pada undang–undang No. 2 tahun 2002 dalam pasal 14 huruf b berbunyi “menyelenggarakan segala kegiatan dalam menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan”. Dipertegas dalam undang - undang tersebut bahwa Polri memiliki kewenangan dalam menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan, yang mana setiap pelanggaran lalu lintas di jalan maka Polri berhak dalam penegakan hukumnya. Berkaitan dengan hal tersebut Polres salatiga telah menggunakan CCTV untuk mengoptimalkan pengawasan dan pemantauan arus lalu lintas serta keamanan pengguna kendaraan bermotor. Pengunaan CCTV diharapkan akan dapat meminimalisir jumlah pelanggaran yang terjadi di wilayah hukum Polres Salatiga. Oleh karena itu, dilakukannya penelitian ini Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran penggunaan CCTV yang dilakukan oleh satuan lalu lintas Polres Salatiga dalam menekan pelanggaran lalu lintas dan faktor – faktor yang mempengaruhi satuan lalu lintas Polres Salatiga menggunakan CCTV dalam menekan pelanggaran lalu lintas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen dengan sumber informasi yang berasal dari sumber primer dan sumber sekunder. Sebagai pisau analisis, penelitian ini menggunakan konsep CCTV dan konsep meminimalisir serta menggunakan 2 teori yakni teori manajemen dan teori sikap dan perilaku. Informasi yang didapatkan dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis data dengan cara reduksi data dan sajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan CCTV oleh Satlantas Polres Salatiga masih belum dapat menekan pelanggaran lalu intas yang ada, karena masih terdapat beberapa kendala yang menghambat penggunaan CCTV dalam menekan pelanggaran lalu lintas. Maka diperlukan adanya peningkatan di berbagai sektor, baik secara kualitas dan kuantitas.

References

Buku
Bahan Ajar.2015.Fungsi Teknis Lalu Lintas,Semarang : Akademi Kepolisian.
Bogdan, R. C.,Biklen, S.K.,2006, Qualitative Research for Edication: an Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn & Bacon
Moleong,Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Sosial.Jakarta : PT Remaja Rosda karya
R. Terry, George. & W Rue Leslie. 2012. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT.Buni Aksara.
Saebani, Beni Ahmad dan Afifudin. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan Kesatu. Bandung: Pustaka Setia
Sugiyono. 2013.Metode Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta

Perundang-undangan
Republik Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Republik Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Republik Indonesia, Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Cara Kerja pada Tingkat Kepolisian Resort dan Kepolisian Sektor.
Akademi Kepolisian. 2018. Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pembimbingan Skripsi Program (D-IV) Terapan Kepolisian Taruna Akademi Kepolisian.

Internet
Website Pemkot Salatiga, https://salatiga.go.id/
Website Polres Salatiga, http://www.polres-salatiga.com/
Peta wilayah Salatiga, https://rt05rw04purwosari.blogspot.com/2017/02/peta-kota-salatiga.html
Teori sikap dan perilaku, http://eprints.ums.ac.id/37323/2/04.%20BAB%20I.pdf
Pengertian CCTV oleh Herman Dwi Surjono (1996:8), http://digilib.unila.ac.id/12779/15/BAB%20II.pdf

Skripsi
Syuaib abdullah.2012. ‘pemanfaatan cctv (closed circuit television) oleh satuan lantas dalam menangani kemacetan lalu lintas di wilayah hukum polrestabes Makassar’. Skripsi. PTIK, Semarang.
Yuani Herma Pratista.2018.‘kinerja unit turjawali polres bogor dalam menekan pelanggaran lalu lintas guna menekan pelanggaran lalu lintas’. Skripsi. Akademi Kepolisian,Semarang.
Published
2020-01-31
How to Cite
Ramadhan, F. F. (2020). Upaya Satuan Lalu Lintas Menggunakan CCTV dalam Menekan Pelanggaran Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polres Salatiga. Indonesian Journal of Police Studies, 4(1), 173-212. Retrieved from http://journal.akpol.ac.id/index.php/ijps/article/view/77