Pengaruh Kegiatan Dikmas Lantas oleh Unit Dikyasa Terhadap Etika Berlalu Lintas Pelajar di Wilayah Hukum Polres Purworejo (Studi Asosiatif di SMA Negeri 1 Purworejo)

  • Made Galih Artawiguna Akademi Kepolisian Republik Indonesia
Keywords: Dikmas Lantas, Etika Berlalu Lintas, Pelajar

Abstract

Tingginya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pelajar merupakan salah satu bentuk dari penyimpangan aturan hukum serta etika berlalu lintas yang ada. Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Lantas merupakan suatu program untuk meningkatkan kesadaran hukum dan etika masyarakat agar bisa taat dalam mematuhi peraturan lalu lintas dan diharapkan dapat menjadi pintu masuk dalam menumbuhkan atau menanamkan etika berlalu lintas terhadap pelajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh kegiatan dikmas lantas terhadap etika berlalu lintas pelajar. Penelitan dilaksanakan di SMAN 1 Purworejo dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dengan jumlah 278 responden siswa SMAN 1 Purworejo. Analisis data menggunakan metode statistik meliputi uji instrumen, normalitas, asumsi klasik, dilanjutkan analisis regresi serta uji signifikansi (pengaruh) dan hubungan terhadap hipotesis. Hasil dalam penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan dan pengaruh kegiatan dikmas lantas terhadap etika berlalu lintas pelajar. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis korelasi Pearson yang menyatakan bahwa nilai dari signifikansi < 0,05 nilai korelasi 0,795 serta nilai uji t hitung = 21,742 dan pada taraf signifikan 0,00. Besar pengaruh kegiatan dikmas sebesar 0,63 (63%) sedangkan 0,37 (37%) dipengaruhi oleh faktor lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan dan pengaruh antara kegiatan dikmas lantas terhadap etika berlalu lintas. Saran penelitian antara lain membuat inovasi dalam pelaksanan dikmas lantas, peningkatan intensitas kegiatan dikmas lantas, peningkatan kemampuan anggota dengan melalui pendidikan kejuruan dikmas lantas, peningkatan sarana dan prasarana, serta integrasi kegiatan dikmas dengan teknologi yang ada.

 

The high traffic offenses committed by students is a form of deviation rule of law as well as the existing traffic ethics. Community Education (Dikmas) So is a program to raise awareness of the legal and ethical people to be obedient to comply with traffic rules and expected to be an entrance in growing or embed traffic ethics to students. The purpose of this study was to determine the relationship and influence necessarily Dikmas activity against traffic ethics students. Research conducted at SMAN 1 Purworejo using a quantitative approach and survey method. Sampling using random sampling method with 278 respondents the number of students of SMAN 1 Purworejo. Analysis of the data using statistical methods include testing instrument, normality, classical assumptions, continued regression analysis and significance test (effect) and the relationship of the hypothesis. The results of this study found that There is a relationship and influence necessarily Dikmas activity against traffic ethics students. This is evidenced from the results of Pearson correlation analysis which states that the value of significance <0.05 0,795 correlation value and the test value t = 21.742 and the significant level of 0.00. Great influence Dikmas activity of 0.63 (63%) and 0.37 (37%) are influenced by other factors. It can be concluded that there is a relationship and influence between activities Dikmas necessarily against traffic ethics. Suggestions research are made innovations in the conduct of Dikmas then, an increase in the intensity of Dikmas then, increase our members' ability to Dikmas necessarily through vocational education, improvement of facilities and infrastructure, as well as integration Dikmas activities with existing technology.

References

Buku

Abubakar , Iskandar. 2012. Manajemen Lalu Lintas. Jakarta : Transindo Gastama Media

Ali, Moh dan Asrori, Moh.2004.Psikologi Remaja. Bandung : Remaja Rosdakarya


Arikunto, S., 2007. Manajemen Penelitian.Jakarta :Rineka Cipta


Budiantara, I Nyoman., Zulfikar. 2014. Manajemen Riset dengan Komputasi Statistika. Yogyakarta : Deepublish


Creswell, John W.2002. Warna Teori dan Kreatifitas Penggunaannya. Bandung : Remaja Rosdakarya


Danang.2011. Budaya Tertib Berlalu Lintas. Jakarta : PT Sarana Bangun Pustaka.


Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.


Fraenkel, J. & Wallen, N. 1993. How to Design and evaluate research in education. (2nd ed). New York: McGraw-Hill Inc.


Ghozali, Imam 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro.


Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.


Kreps,Garry L.1990. Organizational communication.New York: Longman Kunarto. 19b97. Etika Polisi. Jakarta: Cipta Manunggal


Little John, Stephen W, Karen A. Foss,1997.Human Communication. USA : OSF


Notoatmodjo, Soekidjo.2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.


Purwanto, Ngalim M.2005. Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Paraktis. Bandung : Remaja Rosdakarya


Rahardjo, Satjipto.2010.Teori Hukum Cetakan III. Surakarta : Genta Publishing


Rangkuti, Freddy.2010. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:
PT Gramedia Pustaka Utama


Redaksi Fokusindo Mandiri. 2013. Undang – undang Kepolisian. Bandung : Fokusindo Mandiri


Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu


Semiawan,Conny R. 2007.Landasan Pembelajaran.Jakarta : Pusat Pengembangan Kemampuan Manusia


Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif , dan R&D. Bandung : CV.Alfabeta


Sukestiyarno.2012. Olah Data Penelitian Berbanntuan SPSS, edisi cet.3.
Semarang : Universitas Negeri Semarang


Soekanto, Soerjono.2003. Sosiologi Sebagai Suatu Pengantar. Jakarta : Raja PT Grafindo Persada


Syaiful, Rohim.2009. Teori Komunikasi : Perspektif, Ragam, dan Aplikasi.
Jakarta : Rineka Cipta


Terry, George R.2009. Prinsip – Prinsip Manajemen. Jakarta : PT Bumi Aksara


Terry, George R.2000. Principles of Management. Alih bahasa Winardi. Bandung: Penerbit Alumni


Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP – UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi
Pendidikan. Bandung : PT Imperial Bakti Utama


Peraturan / Undang – undang / Dokumen


Intel Dasar Polres Purworejo Tahun 2017


Keputusan Gubernur Akademi Kepolisian Nomor : Kep / 157 / XII / 2016


Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 52 tahun 2010 tentang Susunan
Organisasi dan Tata kerja Polri


Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Ijin Mengemudi


Undang – undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan


Undang – undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia


Jurnal/Skripsi


Bagus Tri, Ki Ide.2015. Pengaruh Kampanye Keselamatan Lalu Lintas Terhadap Pengetahuan Disiplin Berlalu Lintas Siswa di SMA Negeri 2 Almapura
Tahun 2015. Skripsi. Jakarta : PTIK


Indrawan, Jodi. 2013. Pengaruh Program Satu Sekolah Dua Polantas Terhadap Perilaku Melanggar Lalu Lintas Siswa SMA di Kota Yogyakarta. Skripsi Jakarta : PTIK


Iriana Bakti, dkk. 2015. Analisis Faktor Personal Pada Sumber Komunikasi dalam Pengelolaan Tanaman Obat Keluarga di Jawa Barat. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol.3, No. 2 Desember 2015 hlm 133 – 139


Junef, Muhar. 2014 .Perilaku Masyarakat Terhadap Operasi Bukti Pelanggaran
(Tilang) dalam Berlalu Lintas. E–Jurnal Widya Yustisia Vol. 1 No. 1 Juni


Janrico M.H. Manalu. 2014. Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan
Perilaku Mahasiswa (Studi Kasus Proses Pendidikan Karakter dalam \ HML Sosiolog Universitas Mulwarman Kal–Tim). Ejournal Psikologi, volume 2, nomor 4, 2014: 26 – 38


Kustarto, Ihram. 2013. Implementasi Penggunaan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI) Melalui Penegakan Hukum Guna Meningkatkan Kepatuhan Pengendara Sepeda Motor Oleh Satuan Lalu Lintas Polres
Blora. Skripsi. Jakarta : PTIK


Muhamad Abdul Aziz. 2017. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Motivasi Berprestasi dalam mewujudkan Kinrja Guru. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol 11 No.01 2017 :9-17


Wicaksono, Edrea Divarda. 2015. Pengaruh Financial Literacy Terhadap
Perilaku Pembayaran Kartu Kredit Pada Karyawan di Surabaya. Finesta Vol.3 No.1 (2015) 85–90
Published
2017-06-30
How to Cite
Artawiguna, M. G. (2017). Pengaruh Kegiatan Dikmas Lantas oleh Unit Dikyasa Terhadap Etika Berlalu Lintas Pelajar di Wilayah Hukum Polres Purworejo (Studi Asosiatif di SMA Negeri 1 Purworejo). Indonesian Journal of Police Studies, 7(5). Retrieved from http://journal.akpol.ac.id/index.php/ijps/article/view/73