Penerapan Aplikasi Panic Button dalam Mewujudkan Polisi yang Profesional, Modern dan Terpercaya (PROMOTER) di Wilayah Hukum Polres Brebes

  • Zharfan Edmond Akademi Kepolisian Republik Indonesia
Keywords: Perkembangan teknologi, SMILE POLICE, panic button dan laporan.

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangan teknologi saat ini yang telah banyak memberikan dampak kepada manusia dalam kesehariannya baik untuk pekerjaan maupun kesenangan. Seiring dengan ketergantungannya manusia dengan teknologi, Polri sebagai pelayan masyarakat dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan dibutuhkan masyarakat khususnya yang dilakukan oleh Polda Jawa Tengah membuat inovasi yaitu membuat aplikasi SMILE POLICE. Aplikasi SMILE POLICE merupakan aplikasi berbasis android yang didalamnya terdiri atas 5 aplikasi yang salah satunya Panic Button. Tujuan penelitian ini adalah  memberikan gambaran terkait penerapan aplikasi panic button dan gambaran faktor yang mempengaruhi penerapan aplikasi panic button dalam mewujudkan polisi yang PROMOTER sesuai program prioritas Kapolri di wilayah hukum Polres Brebes. Sebagai pisau analisis penulis menggunakan teori manajemen dan SWOT.Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan metode kualitatif serta teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan dan telaah dokumen. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan aplikasi panic button pada umumnya adalah untuk mewujudkan PROMOTER dan quick wins sebagai langkah Polri dalam menjawab tuntutan masyarakat dalam bidang pelayanan publik. Adapun manfaat yang ditemukan dari aplikasi panic buttonadalah memudahkan masyarakat untuk melakukan laporan atas terjadinya kejadian yang mendesak atau terancam serta memudahkan polisi untuk mengetahui posisi pelapor melalui GPS pada smartphone pelapor. Sedangkan faktor yang menghambat penerapan aplikasi panic button dalam mewujudkan polisi yang PROMOTER di wilayah hukum Polres Brebes yaitu anggota Polres Brebes belummemahami pengoperasian aplikasi dan kesalahan teknis pada aplikasi. Saran yang dibuat oleh penulis, merekomendasikan beberapa hal diantaranya (1) Dilakukan pemeliharaan dan perawatan pada aplikasi, (2) Penugasan kepada petugas yang berkompeten sebagai operator.

References

Sumber Buku :
Aan Komariah dan Djam’an Satori. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Ali, Lukman dkk. 1995. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.
Ashofa Burhan. 2010. Metode Penelitian Hukum, Jakarta : Rineka Cipta
Badudu J.S dan Zain, Sutan Mohammad. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Universitas Airlangga
Bungin, Burhan, 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana.
Creswell, John W. 2012. Research design Pendekatan kualitatif, Kuantitatif dan Mixed; Cetakan ke-2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
David, Fred R. 2006. Manajemen Strategi. Buku 1, Edisi kesepuluh. Jakarta : Salemba Empat.
Denzin, Norman K. 1978. The Research Act : A Theoretical Introduction to Sociological Methods. New York : McGraw-Hill.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Indonesia Edisi ke 3. Jakarta : Balai Pustaka.
Ferrel,O.C and D, Harline. 2005. Marketing Strategy. South Western : Thomson Corporation.
Jogiyanto, H.M. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : ANDI
Koentjaraningrat. 1993. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : PT. Gramedia.
Moleong, L.J . 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Farouk dan H. Djaali. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : PTIK Pres Jakarta dan CV. Restu Agung.
Muhammad, Farouk dan H. Djaali. 2005. Metodologi Penelitian Sosial Edisi Revisi. Jakarta:PTIK Pres Jakarta dan CV. Restu Agung

Patton, M. Q. 1987. How to Use Qualitative Methods in Evaluation. California: Sage Publications, Inc.
Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif (Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya). Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA
Suparlan, Parsudi. 1994. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia
Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Settiady. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara.
Winardi. 1979. Pengantar Metodologi Research. Bandung : Alumni Bandung.
Yuhefizar. 2010. Step By Step Make Over Joomla. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sumber Produk Lembaga :
Akademi Kepolisian, Petunjuk Teknis Penyusunan Dan Pembimbingan Skripsi Taruna Akademi Kepolisian (Keputusan Gubernur Akademi Kepolisian Nomor : KEP/157/XII/2016).
Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia, Susunan Organisasi Dan
Tata Cara Kerja Pada Tingkat Resort Dan Kepolisian Sektor (Peraturan
Kapolri Nomor: 23 Tahun 2010 Tanggal 30 September 2010).
Republik Indonesia. Undang-Undang RI No. 2 Tahun 2002 Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Republik Indonesia. Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2014 Tentang Layanan Polisi 110.
Penelitian :
I Putu Bayu Pati, 2014, “Aplikasi Pelayanan Sistem BPKB Online Pada Direktorat Lalu Lintas Polda Papua”. Skripsi. PTIK Jakarta

Sumber internet :
Kabupaten Brebes. https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Brebes
Kamus Besar Bahasa Indonesia, http://kbbi.web.id/
SMILE POLICE, http://smilepolice.jateng.polri.go.id/
PROMOTER Polri, https://promoter.polri.go.id/landing/
Polres Brebes, http://tribratanewspolresbrebes.com/
Aplikasi SMILE POLICE, https://play.google.com/store?hl=en
Published
2017-03-31
How to Cite
Edmond, Z. (2017). Penerapan Aplikasi Panic Button dalam Mewujudkan Polisi yang Profesional, Modern dan Terpercaya (PROMOTER) di Wilayah Hukum Polres Brebes. Indonesian Journal of Police Studies, 1(3). Retrieved from http://journal.akpol.ac.id/index.php/ijps/article/view/40