Optimalisasi Program SIM Online Guna Mendukung Pelayanan SIM di Wilayah Hukum Polres Magelang

  • Tommy Subardi Putra Akademi Kepolisian Republik Indonesia
Keywords: : Optimalisasi Program SIM Online Guna Mendukung Pelayanan SIM

Abstract

Penelitian ini disusun oleh penulis karena di latar belakangi oleh adanya penilaian yang menyatakan bahwa pelayanan SIM Online yang dilakukan dari Polres Magelang masih belum optimal. Sehingga skripsi bertujuan mengetahui  bagaimana mengoptimalkan program SIM Online guna mendukung pelayanan SIM di wilayah hukum Polres Magelang kepada masyarakat SIM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif serta menggunakan konsep optimalisasi, mekanisme layanan SIM Online, manajemen kualitas jasa, kualitas layanan serta teori SWOT, dan teori manajemen sebagai pisau analisisnya. Sumber data dari penelitian ini adalah personel Polres Magelang,masyarakat pemohon SIM, dokumen dan buku. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi sehingga penulis dapat mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan pelayanan SIM yang dilakukan oleh Satuan Lantas Polres Magelang. Penelitian ini dilaksanakan di Polres Magelang. Program SIM Online guna mendukung pelayanan SIM di wilayah  hukum Polres Magelang sudah menerapkan pendekatan indikator kualitas layanan Service quality menurut Engel et al. (1995) meliputi : tangibles, reliability, responsiveness, performance, dan emphaty dan Teori SWOT serta sudah menerapkan Teori manajemen yang baik. Namun masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi Polres Magelang diantaranya secara internal kurangnya jumlah personel di SATPAS, rusaknya ruang uji simulator sedangkan secara eksternal kurangnya pengetahuan tentang teknologi bagi masyarakat sehingga memperlambat proses pelayanan SIM di SATPAS Polres Magelang. Dari beberapa masalah yang dihadapi, perlunya penambahan personel SATPAS, perbaikan ruang uji simulator dan sosialisasi yang dilakukan secara rutin dengan membuat jadwal yang ditentukan Satuan Lantas Polres Magelang agar berjalan dengan optimal.

References

Dannywiradharma. 2015. Leadership Detox. Jakarta : Swadaya Group.

Engel, James F., Roger D. Balckwell, and Paul W. Miniard. 1995. Perilaku Konsumen Jilid 1 dan 2 Alih bahasa oleh FX Budiyanto. Jakarta : Binarupa Aksara.

Gaspersz, Vincent. 1997. Membangun Tujuh Kebiasaan Kualitas Dalam Praktek Bisnis Global Cetakan pertama. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Fandy Tjiptono. 2000. Manajemen jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi
Humas Kepolisian Negara Republik Indonesia. 2011. Melayani dan Melindungi Masyarakat dengan Membangun Kemitraan. Jakarta : Mabes KNRI.

Muhammad, Farouk. 2005. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Restu Agung

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry, 1994. Reassessment of Expectations as a Comparison Standard in Measuring Service Quality: Implications for Further Research. Journal of Marketing. Vol. 58 (January). pp. 111-124.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta : Penerbit Andi.

¬¬¬Zeithaml, Valarie A., and Bitner M. J., 1996. Services Marketing. The McGraw-Hill Companies Inc., New York.

____________________. 2002. Manajemen Bisnis Total Dalam Era Globalisasi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama,


Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Ijin Mengemudi

Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Peraturan Kapolri Nomor 23 Tahun 2010 Tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Pada Tingkat Kepolisian Resort Dan Kepolisian Sektor

http://hai.grid.id/Feature/Automotive/Begini-Mekanisme-Layanan-Sim-Online Diakses tanggal 25 maret 2017
https://id.wikipedia.org/wiki/Optimalisasi
Diakses tanggal 25 maret 2017
Published
2017-03-31
How to Cite
Putra, T. S. (2017). Optimalisasi Program SIM Online Guna Mendukung Pelayanan SIM di Wilayah Hukum Polres Magelang. Indonesian Journal of Police Studies, 1(3). Retrieved from http://journal.akpol.ac.id/index.php/ijps/article/view/37