Optimalisasi Police Goes To School Dalam Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Yang Melibatkan Pelajar Di Polres Purworejo
Abstract
Peningkatan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Purworejo berdampak pada sikap perilaku yang prakmatis atau mencari yang mudah, sehingga perilaku ini berdampak kepada rendahnya kesadaran untuk tertib. Demikian pula dengan kehidupan sosial remaja banyak dijumpai melaksanakan kegiatan yang tidak bermanfaat sebagai contoh nongkrong dan sekedar kumpul. Sikap ini berpengaruh pada perilaku remaja dalam berlalu lintas, banyak peristiwa laka lantas yang melibatkan remaja pelajar tingkat SLTA, yang membawa korban akibat laka lantas yang terjadi baik berat, sedang, maupun ringan. Sudah banyak hal yang telah dilakukan oleh Polri dalam menyikapi dan menangani permasalah tersebut melalui tindakan-tindakan baik itu preemtif, preventif dan represif. Di antara tindakan pre-emtif yang dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Purworejo melalui Unit Dikyasa yaitu dengan program Police Goes To School yang dilaksanakan secara terjadwal dan periodik pada sekolah SLTP dan SLTA se-Kabupaten Purworejo, dengan harapan akan tertanam disiplin, rasa kemandirian, kesadaran pribadi tentang pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan diri di jalan. Namun demikian walaupun dalam menumbuhkembangkan kesadaran disiplin di rumah maupun di jalan terkait dengan menjaga kamseltibcarlantas, tidak semudah yang dibayangkan. Berbagai kendala dalam upaya mewujudkan hal tersebut dialami oleh personel di lapangan. Upaya yang dilakukan Satlantas Polres Purworejo dalam mengoptimalkan agar program berjalan sesuai harapan dilakukan tindakan peningkatan kemampuan personel dengan cara latkatpuan baik itu bidang teknis maupun operasional di lapangan. Penelitian ini menggunakan Teori Manajemen, Unsur-unsur Manajemen, Teori Motivasi, Teori Retorika dan Public Speaking, Konsep Optimalisasi, Konsep Pendidikan Masyarakat Bidang Lalu Lintas, Konsep Police Goes To School, Konsep Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Konsep Interaksi Sosial, dan Konsep Belajar Mengajar. Pendeketan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, menggunakan metode penelitian field research non participant, serta teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan, dan telaah dokumen.
References
Copyright (c) 2017 Naufal Rizki Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.