Optimalisasi Dikmas Lantas Oleh Unit Dikyasa Satuan Lalu Lintas Polres Cilacap Guna Meningkatkan Kesadaran Pelajar Dalam Keselamatan Berlalu Lintas
Abstract
Peningkatan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Purworejo berdampak pada sikap perilaku yang prakmatis atau mencari yang mudah, sehingga perilaku ini berdampak kepada rendahnya kesadaran untuk tertib. Demikian pula dengan kehidupan sosial remaja banyak dijumpai melaksanakan kegiatan yang tidak bermanfaat sebagai contoh nongkrong dan sekedar kumpul. Sikap ini berpengaruh pada perilaku remaja dalam berlalu lintas, banyak peristiwa laka lantas yang melibatkan remaja pelajar tingkat SLTA, yang membawa korban akibat laka lantas yang terjadi baik berat, sedang, maupun ringan. Sudah banyak hal yang telah dilakukan oleh Polri dalam menyikapi dan menangani permasalah tersebut melalui tindakan-tindakan baik itu preemtif, preventif dan represif. Di antara tindakan pre-emtif yang dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Purworejo melalui Unit Dikyasa yaitu dengan program Police Goes To School yang dilaksanakan secara terjadwal dan periodik pada sekolah SLTP dan SLTA se-Kabupaten Purworejo, dengan harapan akan tertanam disiplin, rasa kemandirian, kesadaran pribadi tentang pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan diri di jalan. Namun demikian walaupun dalam menumbuh kembangkan kesadaran disiplin dirumah maupun di jalan terkait dengan menjaga kamseltibcarlantas, tidak semudah yang dibayangkan. Berbagai kendala dalam upaya mewujudkan hal tersebut dialami oleh personil di lapangan. Upaya yang dilakukan Satlantas Polres Purworejo dalam mengoptimalkan agar program berjalan sesuai harapan dilakukan tindakan peningkatan kemampuan personel dengan cara latkatpuan baik itu bidang teknis maupun operasional dilapangan. Penelitian ini menggunakan Teori Manajemen, Unsur-unsur Manajemen, Teori Motivasi, Teori Retorika dan Public Speaking, Konsep Optimalisasi, Konsep Pendidikan Masyarakat Bidang Lalu Lintas, Konsep Police Goes To School, Konsep Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Konsep Interaksi Sosial, dan Konsep Belajar Mengajar. Pendeketan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, menggunakan metode penelitian field research non participant, serta teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan, dan telaah dokumen.
References
Ghoni, M.Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Polri. 2016. Diktat Fungsi Teknis Lalu Lintas. Akademi Kepolisian, Semarang.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: MedPress (Anggota IKAPI).
Sumber Dokumen Resmi Pemerintah:
Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Pada Tingkat Kepolisian Resort dan Kepolisian Sektor.
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Sumber Hasil Penelitian:
Pratama, Rachmat Wibowo Budi. 2016. ‘Optimalisasi Penyuluhan Dikmas Lantas Dalam Mengurangi Jumlah Pelanggaran Lalu Lintas Pelajar SMA oleh Unit Dikyasa Satuan Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polres Malang’. Skripsi. Akademi Kepolisian, Semarang.
Hafidhulhaq, Fahad. 2013. ’Sosialisasi Safety Riding Dalam Mengurangi Kecelakaan Lalu Lintas Pelajar SMA Kota Purwakarta Oleh Unit Dikmas Satlantas Polres Purwakarta’. Skripsi. Akademi Kepolisian, Semarang.
Sumber Internet:
Ali, Muhammad Aidi. 2014. ‘Analisis Optimalisasi Pelayanan Konsumen Berdasarkan Teori Antrian pada kaltimgps.com di Samarinda’. Dalam eJournal Ilmu Administrasi Bisnis. http://www.ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/09/ejournal%20(09-03-14-02-01-30).pdf (20 Januari 2017).
http://www.cilacapkab.go.id (6 Januari 2017).
http://www.jateng.tribunnews.com/2016/09/01/data-terkini-jumlah-penduduk
indonesia-2579-juta-yang-wajib-ktp-1825-juta (6 Januari 2017).
http://www.kbbi.web.id/kesadaran (23 Januari 2017).
http://www.kbbi.web.id/optimal (20 Januari 2017).
http://www.kbbi.web.id/pelajar (20 Januari 2017).
http://www.kbbi.web.id/upaya (23 Januari 2017).
http://www.korlantas.polri.go.id/en/statistik-2/ (6 Januari 2017).
Matondang, Zulkifli. 2009. ‘Validitas dan Reabilitas Suatu Instrumen Penelitian’. Dalam Jurnal Tabularasa PPS Unimed. http://digilib.unimed.ac.id/705/1/Validitas%20dan%20reliabilitas%20suatu%20instrumen%20penelitian.pdf (6 Februari 2017).
http://www.otomotif.kompas.com/read/2016/08/20/103100215/Anda.Tahu.
Populasi.Kendaraan.di.Indonesia. (6 Januari 2017).
http://www.otomotif.news.viva.co.id/news/read/857017-kecelakaan-lalu-lintas-
intai-pelajar (6 Januari 2017).
http://www.yvcibc.wordpress.com/2013/02/20/322/ (6 Januari 2017).
Copyright (c) 2017 Muhammad Rochli Hanafi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.